Minggu, 16 Juni 2013

unsur unsur yang ada pada tubuh manusia

selamat malam ..


ok pada kesempatan kali ini  kita akan membahas unsur unsur yang ada pada tubuh kita (manusia)

unsur yang pertama adalah tanah 



ya.. kita semua tahu bahwa manusia diciptakan Tuhan dari tanah,
dalam tubuh kita pun sering mengeluarkan kotoran kotoran berupa daki, ato bolot (bahasa jawa)
yang menyerupai tanah, dan untuk yang beragama islam, umumnya mereka akan menguburkan seseorang yang telah meninggal dunia di tanah , karena mereka meyakini sesuatu yang berasal dari tanah akan di kembalikan ke tanah pula.

unsur yang kedua adalah air



mungkin dari unsur yang lain , unsur air ini lebih banyak mendominasi pada diri manusia, banyak terdapat unsur cairan dalam tubuh kita,
seperti, air yang kita keluarkan saat kita bersedih, air kencing yang kita keluarkan sebagai aktivitas metabolisme tubuh, air keringat yang kita keluarkan ketika kita lelah setelah melakukan aktivitas berat, dan lain sebagainya.
karena sebagian besar unsur di dalam tubuh kita adalah air, banyak yang meyakini bahwa minum air yang banyak dapat membantu "membersihkan" tubuh kita dari kotoran, memperlancar metabolisme dan sistem pencernaan.

unsur yang ketiga adalah api



temperatur suhu kita yang panas, rasa panas yang timbul ketika kita mengalami demam atau rasa panas yang timbul pada tubuh kita pada waktu kita sedang emosi tingkat tinggi.
sebagian dari kita juga meyakini bahwa setan terbuat dari api, dan kalo rasa emosi kita menguasai kita berarti ada unsur setan yang menguasai tubuh kita,, hehehe , kontrol deh itu yang namanya emosi biar setan jauh jauh dari tubuh kita.

unsur yang ke empat adalah angin



ya.. untuk unsur yang satu ini sangat familiar bagi kita, manusia bernafas dengan menghirup oksigen sebagai "tenaga" untuk menggerakkan jantung manusia, otak manusia juga membutuhkan oksigen untuk beraktivitas "memerintahkan" organ organ lainnya untuk beraktivitas dengan urusannya masing masing.
kita juga punya kentut , karena kita mungkin sedang masuk angin hehehe, ato angin yang keluar saat kita bersendawa.
adapun sebagian dari kita yang menggunakan unsur angin (pernafasan) untuk sebagai penggerak ilmu tenaga dalam yang kita kenal dengan ilmu pernafasan.

apa pentingnya kita mengenal unsur unsur pada diri kita?

seperti layaknya pemimpin yang harus selalu memperhatikan aktivitas "anak buahnya" untuk sebuah tujuan yang ingin kita capai.
unsur unsur tersebut sangat berpengaruh satu sama lain , bekerja sama dan saling menyeimbangkan untuk mendapatkan jiwa raga yang sehat baik jasmani ataupun rohani.
 dengan mengetahui unsur unsur yang dimiliki manusia kita akhirnya jadi mengerti bagaimanakah peran unsur unsur tersebut untuk diri kita secara maksimal, sehingga kita mengerti "apa yang harus kita lakukan" terhadap tubuh kita secara bijaksana.

semoga bermanfaat

selamat malam.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Trima kasih atas komentarnya semoga bermanfaat